Band Pop Punk Surabaya The Flins Tone Raih Nominasi Metal Terbaik AMI Awards 2016

Band Pop Punk Surabaya Raih Nominasi Metal Terbaik AMI Awards 2016
The Flins Tone
Anugerah Musik Indonesia 2016 (AMI Awards) telah mengumumkan para nomine-nya lewat lini masa Twitter mereka pada pekan lalu. Setelah membuka sesi pendaftaran karya pada Juni lalu, AMI Awards 2016 akhirnya mengumumkan 50 kategori penghargaan di mana berkurang tiga kategori dari pergelaran tahun sebelumnya.

Nominasi AMI Awards nyaris setiap tahunnya kerap ditemukan keganjilan. Pada tahun ini selain mengumumkan nomine pertama kali hanya lewat Twitter (tahun lalu digelar konferensi pers untuk mengumumkan nominasi), ada pula kejanggalan yang terjadi di mana proses kategorisasi artis tidak sesuai dengan genre musiknya.

Salah satu contohnya adalah lagu "Good News" milik band pop punk asal Surabaya, The Flins Tone, yang meraih nominasi di kategori Karya Produksi Metal Terbaik. Di dalam kategori tersebut The Flins Tone bersaing dengan Sunday Sad Story ("Confession"), Dead Vertical ("Into the Black"), Bless The Knights ("You"ve Created Your Own Monster"), dan Aftercoma ("Perang").

Vokalis The Flins Tone, Muhammad Rifqy, merasa kaget, lucu, sekaligus senang dapat menjadi salah satu nomine di AMI Awards 2016 meski bandnya masuk di kategori yang salah. "But anyway alhamdulillah senang dan excited juga sih masih dapat kepercayaan untuk dapat nominasi di AMI Awards 2016," kata Rifqy saat dihubungi Rolling Stone pekan lalu. "Jadi bisa dapat support juga dari teman-teman lintas genre lainnya."

Meski demikian Rifqy mengaku bahwa baik dirinya, band ataupun manajemen tidak pernah merasa mendaftarkan karyanya ke yayasan AMI. "Jujur kita berempat dan teman-teman di manajemen nggak ada yang mendaftarkan atau mendapat informasi mengenai AMI Awards. Tiba-tiba semalam drummer kami memberi screen capture dari Twitter kalau kami masuk nominasi," tambahnya.

"Untuk kategorisasi, sekali lagi kami sebagai [pihak] AMI-nya sendiri tidak turut menentukan. Tapi yang menentukan adalah anggota sidang yang terdiri dari expert-expert musik" jelas General Manager dari Yayasan AMI, Satria 'Aden' Dharma, saat diwawancara oleh Rolling Stone Cafe beluma lama ini. "Memang ada beberapa kasus misalnya Endank Soekamti, tapi untuk satu particular lagu, mereka itu memang [memainkan] reggae. Sehingga yang dinilai pada saat itu adalah lagu tersebut dan masuk ke dalam kategori reggae. Nah, mungkin untuk kasus yang tadi itu [The Flins Tone], lagu yang dimaksud memang dapat dikategorikan masuk ke dalam metal," tambah Aden.

Ini merupakan kali pertama The Flins Tone yang beranggotakan Rifqy, Achmad Yusuf Choiri (bass), Rudy Siswanto (gitar), dan Bimo Widiyahutomo (drum) masuk nominasi ajang penghargaan AMI Awards. Lagu "Good News" sendiri merupakan salah satu materi dari album studio mereka, Good News, yang dirilis pada 2015 silam bekerja sama dengan Demajors.

Kekeliruan kategorisasi artis juga pernah terjadi sebelumnya pada ajang AMI Awards 2013, saat itu band funk asal Jakarta, TOR, secara mengejutkan meraih nominasi sebagai salah satu artis solo/duo/grup punk terbaik bersaing dengan Superman is Dead, Boyshate Summer, Spot dan sebagainya.

http://www.rollingstone.co.id/article/read/2016/09/21/140509435/1093/kisah-band-pop-punk-surabaya-raih-nominasi-metal-terbaik-ami-awards-2016

0 Response to "Band Pop Punk Surabaya The Flins Tone Raih Nominasi Metal Terbaik AMI Awards 2016"

Poskan Komentar