Cara Bermain Drum dengan Baik dan Benar

Cara Bermain Drum dengan Baik dan Benar
echa soemantri
Cara Bermain Drum dengan Baik dan Benar. Drum adalah salah satu alat musik yang paling populer di dunia dan terdapat tuntutan yang tinggi untuk dapat memainkannya. Kali ini saya akan membagikan cara bermain drum dengan baik dan benar mulai dari awal sampai bisa bermain fill. cekidoot..

Mempelajari Ritmenya

Akan lebih baik jika Anda dapat merasakan ritme tersebut terlebih dahulu sebelum menghabiskan uang untuk membeli peralatan drum yang besar untuk digunakan berlatih, atau sebelum Anda menjadi frustrasi.

Ketuk 4 ketukan dalam jeda waktu yang sama dengan satu tangan Anda, ketukan ini disebut seperempat ketuk.

Hal ini penting agar Anda dapat mempertahankan ritme Anda, Anda dapat mempelajari apa yang Anda mainkan, dan Anda dapat mengembangkan perasaan akan ketukan yang lebih sulit.

Atau, Anda dapat menghitung ketukan yang terdapat di dalam lagu yang Anda mainkan.

Sekarang, ketika Anda mengatakan Dua dan Empat , ketuk meja atau bagian atas paha Anda dengan tangan Anda yang lain. 

Mengakrabkan Diri dengan Peralatan Drum

Setiap jenis peralatan drum memiliki perbedaan masing-masing.

Terdapat merek, ukuran, tongkat, dan setem yang berbeda-beda pada pengaturan drum yang berbeda-beda hingga mempengaruhi bunyi dari setiap peralatan drum.

Snare drum biasanya terletak pada sisi yang tidak dominan pada pemain drum dan dipukul dengan tongkat pada tangan yang tidak dominan juga.

Snare adalah drum yang rapat dan menghasilkan suara yang cerah dengan diikuti oleh kocokan resonansi dari drumnya.

Pada pegangan tradisional, Anda memegang tongkat drum dengan tangan Anda yang tidak dominan di antara jempol dan telunjuk Anda dan di atas jari manis Anda.

Jika Anda tertarik dalam memainkan drum, risetlah peralatan drum yang baru dan lama sebelum Anda menghamburkan uang Anda untuk membeli peralatan drum.

Mintalah guru drum Anda atau pegawai di toko untuk mengajarkan cara memegang tongkat drum, bagaimana cara memukul drum dengan benar, bagaimana menyetem drum untuk mencocokkan dengan tinggi Anda, dan bagaimana memasang peralatan drum di rumah.

Berlatih dengan Benar 

Click track adalah metronom yang terekam, yang dapat Anda mainkan ketika Anda berlatih pada stereo Anda, walkman Anda, atau pada komputer Anda.

Pelajari cara menutup hi-hat dengan kaki kiri Anda ketika Anda memukulnya dengan tangan Anda.

Latihlah ritme Anda pada bas drum bersamaan ketika Anda memukul hi-hat untuk mengembangkan otot Anda.

Cobalah untuk bermain dengan kaki kanan dan tangan kanan Anda secara bersamaan, tangan kiri bermain dengan bebas, atau seluruh tangan dan kaki secara bersamaan untuk melatih pergerakan dari otot Anda.

Ketika Anda mengangkat tangan kanan Anda dari hi-hat, gerakkan tangan kiri Anda untuk memukul snare.

Membiasakan Anggota Tubuh

Jika Anda memukul drum dengan satu ketukan dengan dua tangan yang saling berganti, Anda sedang melakukan pola pukulan tunggal.

Namun, jika Anda memukul drum dengan satu gerakan menggunakan tangan yang bergantian, lalu Anda membiarkan tongkat memantul pada setiap kali Anda memukul, hingga terpukul sebanyak dua kali setiap Anda melakukan pukulan, maka itu disebut dengan pola pukulan ganda.

Bukannya melakukan satu gerakan ke atas dan satu gerakan ke bawah, melainkan Anda harus dapat melakukan satu gerakan secara ganda, tiga kali lipat, atau bahkan empat kali lipat dengan satu bagian tubuh Anda sementara bagian tubuh Anda yang lain melakukan hal yang lain di bagian drum yang berbeda.

Dengan tangan Anda pertahankan ketukan seperdelapan pada bagian ujung dari snare atau pada ride cymbal jika terdapat pada peralatan drum Anda.

Bereksperimenlah dengan ketukan yang bervariasi menggunakan kaki kanan Anda ketika bagian tubuh Anda yang lain terkunci dengan memainkan pola utama.

Mempelajari Ritme yang Lebih Rumit 

Sama halnya untuk triplet dalam seperdelapan ketukan, namun dengan tiga ketukan yang terpisah di dalam jarak seperempat ketukan Pada dasarnya, triplet adalah Anda memainkan tiga ketukan saat biasanya Anda hanya memainkan dua ketukan.

Pada dasarnya, ketukan seperenambelas adalah apa yang Anda mainkan di awal ketika Anda mempelajari untuk menggerakkan tangan Anda di arah yang berlawanan.

Ketukan tersebut sulit untuk dimainkan dengan benar karena Anda harus dapat memainkannya dengan stabil, membuat hasil bunyi yang sama pada drum dengan dua tangan Anda dan harus dapat memainkan ketukan di seluruh peralatan drum Anda dalam waktu yang tepat pada seluruh lagu.

Dengarkanlah beberapa lagu kesukaan Anda dan gunakan sub-bagian kecil seperti pada ketukan hitungan seperdelapan atau seperenambelas dan Anda akan mendengar bahwa terdapat banyak jeda yang diam ketika Anda menghitung.

Mainkan Fills

Tujuan dari drum fill adalah untuk menambahkan sesuatu yang berbeda pada lagu Anda.
Mainkan 1 + 2 + 3 + 4 + dan mainkan seperti sebelumnya dengan tangan kanan Anda pada hi-hat dan tangan kiri Anda pada snare.

Sekarang lanjutkan menghitung dengan keras dan hanya mainkan 1 + 2 + lalu berhenti bermain dengan anggota tubuh Anda dan selesaikan hitungan 3 + 4 + dengan keras secara berulang.

Akan terdengar seperti Boom tic Pap tic dan pada hitungan 3 + 4 + lakukan hal yang lain seperti menggerakkan setiap bagian tubuh Anda dan bersamaan pada menghitung 3 + 4 + Anda dapat memukul crash pada hitungan pertama di bar selanjutnya.

Seperti berikut mainkan not ketika Anda menghitung dengan keras dan gunakan seluruh bagian tubuh Anda dengan bersamaan seperti yang Anda lakukan di atas.

Anda dapat memainkan seluruh bar sebagai fills, dengan memilih dari sub-bagian manapun untuk setiap ketukan, lalu digabungkan seperti berikut atau apa pun yang Anda pilih.

Tips

·         Jika Anda ingin memulai bermain drum, mulailah dengan peralatan drum murah atau peralatan           drum pelajar.

·         Peralatan drum tersebut biasanya terdapat hi-hat, crash-ride cymbal, kick drum, snare drum,               satu atau dua bagian tom-tom yang ditempatkan pada kick drum, dan floor tom-tom.

·         Jangan hantam drum Anda atau tongkat drum dan kepala drum Anda akan rusak, cymbal Anda           akan retak, atau tulang Anda akan rusak hingga Anda tidak dapat bermain lagi.

·         Jika Anda tidak ingin membeli peralatan drum terlebih dahulu tetapi Anda memiliki drum                    elektronik seperti drum Rock Band, Anda dapat menghubungkannya dengan komputer Anda              dan menggunakannya dengan program Drum Machine sebagai peralatan drum elektronik.

·         Mungkin akan membosankan, tetapi Anda akan menjadi pemain drum yang lebih baik                          dibandingkan dengan orang yang hanya memainkan drum dengan asal seharian.

·         Selalu gunakan pelindung telinga dan pastikan Anda memainkan drum dengan tingkat bunyi               yang tidak mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

Hal yang Anda Butuhkan

·         Earphone
·         Penyumbat telinga
·         Tongkat
·         Tempat latihan
·         Metronom
·         Peralatan Drum Dasar
·         Alat menyetem drum
·         Tikar atau karpet untuk diletakkan di bawah drum
·         Pelatih drum (opsional)
·         Ritme
·         Peredam, tergantung di mana Anda berlatih

0 Response to "Cara Bermain Drum dengan Baik dan Benar"

Poskan Komentar