Inilah 13 Band Indonesia Yang Mendunia

Sekarang ini banyak sekali band band baru yang muncul di indonesia, tetapi tidak semuanya mampu bersaing dan berhasil di blantika musik Indonesia, apalagi bisa sukses di luar negeri. Seperti yang kita tau bahwa Sebetulnya banyak Grup Band Indonesia yang terkenal di luar sana. Tapi, walaupun band tersebut terkenal di dunia justru di dalam negri beberapa Band tersebut malah kurang dikenal.

Disini biasanya band band yang tidak mainstream justru bisa sangat sukses di luar sana, berbeda sama masyarakat kita yang lebih menyukai band band musiman alay tau sendiri lah yang ikut ikutan koreaan gitu.

Ok lanjut ke pembahasan judul "Inilah 13 Band Indonesia Yang Mendunia". Simak ulasan berikut dari nomer paling buncit;

13. GUGUN BLUES SHELTER

gugun1

Namanya masih sedikit asing kan di telinga kita? saya juga baru tau kemaren waktu temen band sekampus minta garap lagu dari band ini.

Gugun Blues Shelter adalah band Indonesia ber-aliran blues, yang dibentuk Jakarta,Indonesia, pada tahun 2004. Para anggotanya saat ini antara lain Gugun (gitar), Jono (bass) and Bowie (drum). Merka telah merilis tiga album, Get The Bug (2004), Turn It On (2007) dan Gugun Blues Shelter (2010).

Aliran musik blues mungkin masih belum populer di Tanah Air. Namun Gugun Blues Shelter, band asal Indonesia, justru mendunia karena genre musik blues. Trio pemusik ini memenangi kompetisi tingkat internasional dan tampil sebagai band Indonesia dan Asia Tenggara pertama di festival musik terbesar di dunia di Hyde Park, London, Inggris, akhir Juni silam.

Gugun Blues Shelter memang tak mau setengah-setengah. Kini, mereka bergabung di bawah naungan Grooveyard Record, sebuah label kumpulan dari gitaris top dunia yang bermarkas di Amerika. Album mereka juga sudah dirilis di Negeri Paman Sam, yang hanya dipasarkan di Benua Amerika dan Eropa.


12. THE S.I.G.I.T

the_sigit_by_katala-d4iomo0

Grup band indie asal BANDUNG, JAWA BARAT ini ternyata sudah melalang buana di dunia musik indie INDONESIA. Mereka merupakan grup band yang mengusung aliran Rock `n Roll Alternatif ini sangat khas dengan instrumen musik-musiknya.

Band ini beranggotakan 4 orang yang merupakan posisi awal dari THE S.I.G.I.T. Mereka sudah merajai musik indie semenjak tur mereka keliling AUSTRALIA dan EROPA. Berkat eksistensi mereka di dunia musik indie, banyak kalangan yang menduga bahwa mereka adalah sesepuh band indie INDONESIA.


11. NOAH (dulu Peterpan)

noah_peterpan

Siapa sih yang ga kenal Band satu ini. Band yang banyak digandrungi penggemarnya di Indonesia ini tetap setia bahkan ketika sang maestro pun sedang dirundung kasus video panasnya dengan sang kekasih luna maya. Kasusnya tersebut menjadi bertia hangat baik di indonesia bahkan mancanegara. BBC dan CNN pun sampai tak ketinggalan memberitakan kasus ini.

Tapi diluar cerita kelam tersebut siapa yang bisa menyangkal Band tersebut sangat terkenal di Asia Tenggara khususnya di Malaysia. Bahkan, Salah satu Band asal negeri Jiran, SingleTrackMind asal negeri itu tertarik dan menjadikannya bagian dari lagu di album kedua mereka yang dirilis Maret 2009 lalu. Bahkan Salah satu lagu mereka pun pernah dijiplak oleh musisi dari asal India


10. SHAGGY DOG

shagi dog

Shaggydog adalah sebuah band yang terbentuk di Sayidan-sebuah kampung dipinggir sungai di tengah kota Jogja-yang nyaman dan damai. Pada Tanggal 1 Juni 1997, band yang beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik & Yoyo' ini sepakat untuk menyebut musik yang mereka mainkan sebagai “Doggy Stylee” ; perpaduan antara beberapa unsur musik seperti ska, reggae, jazz, swing dan rock n’ roll, bahkan sampai rock yang di-mix secara special oleh 6 orang bartender ini.

Cherry Poppin Daddies, Hepcat, Bob Marley, Song Beach Dub Allstars merupakan sebagian kecil dari band-band yang meng-influence Shaggydog. Yang lain? Pahit manis hidup adalah inspirasi mereka

Waktu pun berlalu, show demi show mereka jalani. Pada tahun 1999 album shaggydog yang pertama diliris. Dengan label Doggy House (management Shaggydog), Album yang diberi title “SHAGGYDOG” ini membuahkan hasil yang diluar dugaan. 20.000 copy habis terjual. Jumlah yang cukup besar untuk sebuah band indie. Semenjak itu Shaggydog pun mulai show di daerah-daerah seputar Nusantara…dari Jawa sampai ke Lombok..sampai-sampai mereka rela meninggalkan bangku kuliah.

Dua tahun setelah itu, tepatnya tahun 2001, album kedua yang bertitel “BERSAMA” diliris. Kalau kalian tahu, album ini benar-benar diliris dengan cucuran keringat dan air mata. Motor sang manager pun tergadaikan. Bukan itu saja, rekaman yang berlangsung di Bandung ini sampai memaksa mereka untuk ngamen di kawasan Dago karena kehabisan duit ,, What a life Man.

Shaggy Dog pun banyak memiliki penggemar di kawasan asia tenggara khusunya dari negeri jiran, Malaysia.


9. GOODNIGHT ELECTRIC

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pertengahan tahun 2002an hingga 2007an adalah masa-masa kejayaan Band-Band Indie. Salah satunya adalah GOODNIGHT ELECTRIC.

GOODNIGHT ELECTRIC merupakan salah satu band indie INDONESIA yang berhasil melejit di pasaran ASIA. Jenis musik mereka yang berbeda yaitu tekno beat yang dapat membuat alunan musik seperti tahun 80an dapat membuat kagum anak muda di INDONESIA. musik mereka yang khas dan aneh menjadikan mereka selalu tampil beda daripada band lainnya.


8. KILLING ME INSIDE

Inilah 13 Band Indonesia Yang Mendunia

Killing Me Inside mulai dibentuk pada Juni 2005 oleh Josaphat (gitar), Onad (bass), Rendy (drum) dan Raka (gitar). Setelah beberapa saat mencari vokalis, akhirnya bergabunglah Sansan pada Desember 2005. Setelah melalui pengalaman manggung di kafe-kafe dan acara-acara lokal, mereka merilis 3 buah lagu sebagai demo mereka. Lagu-lagu demo tersebut adalah A Letter Of Memories, Suicide Phenomena, dan The Tormented yang nantinya direkam ulang pada debut album mereka, A Fresh Start for Something New.

Pada tahun 2008, Killing Me Inside berencana untuk merilis sebuah album. Namun di tengah perjalanan, Raka keluar dari band pada Mei 2008. Raka bergabung dengan VIERRA. Raka mengumumkan kepergiannya melalui situs MySpace mereka:

Dear friends of Killing Me Inside...

Pertama-tama gue ingin ngucapin makasih banyak sama elo semua yang udah ngesupport kita. Gue (Raka) mewakili pihak Killing Me Inside, merasa beruntung banget bisa ngebangun dan memajukan band impian gue sampe kayak gini. Ini semua tentunya juga karena hasil kerja keras kita dan dukungan dari elo semua. Tapi, gue pada kali ini mau ngejelasin kalo gue harus mengundurkan diri dari band ini karena adanya bentrok antara 2 band yaitu Killing Me Inside dan Vierra.

Kedua band ini akan menjalankan kontrak dimana suatu pihak tidak membolehkan playernya untuk mempunyai lebih dari 1 band. Saat ini gue berada di posisi yang bagi gue hasil akhirnya sama skali bukan apa yang gua inginkan, dimana gue diharuskan untuk memilih Vierra yang disebabkan oleh "suatu faktor keluarga" yang sama sekali gak bisa gue tolak. Dan pada hari ini (18-05-2008) gue resmi mengundurkan diri dari Killing Me Inside.

Makasih banget buat elo semua yang udah support kita, dan buat Killing Me Inside : "maaf bgt bgt, lo semua tau ini sama skali bukan kemauan gua". Makasih banyak, sukses buat kalian, gue bangga bisa maen ama elo semua…dan please inget kata2 gua "gue hanya putus hubungan kerja ama elo semua,, bkn hubungan sebagai teman".

Sekali lagi makasih, lo smua udah ngertiin posisi gua, dan gue pun juga menerima keputusan elo semua yang tadi, thx...

-Raka Cyril Damar

Akhirnya debut album mereka berjudul A Fresh Start for Something New dirilis pada awal Desember 2008 dibawah kendali Label Indie Fast Youth Records. Lagu "Torment" yang menjadi single langsung membuat nama Killing Me Inside terkenal di dunia musik indie Indonesia. Killms juga melakukan debut launching albumnya di 2 Negara yaitu Indonesia dan Malaysia

Kemudian pada tahun itu, memasuki 2009, setelah beberapa pertunjukan dan wisata, Sansan dan Rendy meninggalkan band juga untuk beberapa alasan. Sansan keluar dengan alasan untuk lebih fokus pada band Pee Wee Gaskins, sedangkan Rendy keluar dengan alasan pertimbangan masa depan.

Meskipun begitu, Onad dan Josaphat tidak membubarkan Killms. Pada Februari 2009, melalui blog MySpace mereka, Killms mengumumkan formasi baru mereka yang terdiri atas Onadio (vokal), Josaphat (gitar), Davi (drum), dan Agung (bass). Namun karena alasan ketidakcocokan, Agung keluar. 2010, Rudye bergabung bersama Killing Me Inside sebagai additional bass menggantikan posisi Agung. Merasa tidak cocok, Rudye beralih sebagai kibor dan posisi bass diisi oleh Angga. Lagu Tanpa Dirimu menjadi Soundtrack Film Air Terjun Pengantin tahun 2010.

Killing Me Inside Pun berubah aliran secara drastis dari Screamo / Modern Rock menjadi Pop Rock.

Formasi band terbaru adalah sebagai berikut; Onadio sebagai vokalis, Josaphat pada gitar, Agung pada bass dan Davi untuk menggantikan Rendy pada drum. Band ini sekarang memiliki satu album dan bekerja pada satu sama lain.


7. SLANK

slank_logo

Slank adalah sebuah grup musik di Indonesia. Dibentuk oleh Bimbim pada 26 Desember 1983 karena bosan bermain musik menjadi cover band dan punya keinginan yang kuat untuk mencipta lagu sendiri. Dan berhasil menjadi salah satu musisi bersejarah dan dikenang serta berpengaruh sepanjang masa di Indonesia.

Selain itu Slank juga menyandang predikat Indonesia’s Highest-Paid Music Star (bintang musik berbayaran termahal) pada tahun 2008 dan 2009 dengan honor Rp 500 Juta per show. Debut grup band yang satu ini merambah hingga ke berbagai negara seperti Amerika, Jepang, Korea dan negara lainnya.


6. ROCKET ROCKERS

Rocket Rockers

Rocket Rockers menjadi salah satu band pembuka di konser Last Show Ever-nya Puppen (band hardcore legendaries asal Bandung). Di tahun yang sama juga Rocket Rockers mengeluarkan album perdana-nya “Soundtrack For Your Life” di bawah naungan OffTheRecords. Album tersebut mencapai penjualan 15.000 copies lebih.

Sampai suatu saat, single lagu “Finishkan” menjadi No.1 beberapa minggu di chart indie Radio Prambors.Berbagai media massa cetakpun memprediksikan Rocket Rockers menjadi “The Next Big Thing” (Hard Act To Follow Next Year) bersama Superman Is Dead, The White Stripes, The Hives dan The Vines –Majalah HAI No.45 11 Nov 2002-. Melihat demand yang semakin membesar terhadap Rocket Rockers, membuat mereka harus menjalankan band dengan professional.


5. BURGERKILL

burgerkill

Burgerkill adalah sebuah band metalcore / Hardcore yang berasal dari kota Bandung, Nama band ini diambil dari sebuah nama restaurant makanan siap saji asal Amerika, yaitu Burger King, yang kemudian oleh mereka diparodykan menjadi "Burgerkill". Ini merupakan sebuah cerita pendek dari 12 tahun perjalanan karier bermusik dari sebuah band super keras yang telah menjadi fenomena di populasi musik keras khususnya di Indonesia.

Burgerkill band asal Ujungberung, tempat orisinil tumbuh dan berkembangnya komunitas Death metal / Grindcore di daerah timur kota Bandung. Band lulusan scene Uber (Ujungberung) selalu dilengkapi gaya Stenografi Tribal dan musik agresif yang super cepat, Jasad, Forgotten, Disinfected, dan Infamy to name a few ,,

Burgerkill berdiri pada bulan Mei 1995 berawal dari Eben, scenester dari Jakarta yang pindah ke Bandung untuk melanjutkan sekolahnya. Dari sekolah itulah Eben bertemu dengan Ivan, Kimung, dan Dadan sebagai line-up pertamanya. Band ini memulai kariernya sebagai sebuah side project yang tidak punya juntrungan, just a bunch of metal kids jamming their axe-hard sambil menunggu band orisinilnya dapat panggilan manggung. Tapi tidak buat Eben, dia merasa bahwa band ini adalah hidupnya dan berusaha berfikir keras agar Burgerkill dapat diakui di komunitasnya. Ketika itu mereka lebih banyak mendapat job manggung di Jakarta melalui koneksi Hardcore friends Eben, dari situlah antusiasme masyarakat underground terhadap Burgerkill dimulai dan fenomena musik keras tanpa sadar telah lahir di Indonesia.

Mereka juga mendapat tawaran dari perusahaan rekaman independent Malaysia, Anak Liar Records yang berakhir dengan deal merilis album Three Ways Split bersama dengan band Infireal (Malaysia) dan Watch It Fall (Perancis). Mereka menjadi nominator Band Independent Terbaik ala majalah NewsMusik di tahun 2000.

Awal tahun 2001 pun mereka berhasil melakukan kerjasama dengan sebuah perusahaan produk sport apparel asal Amerika: Puma yang selama 1 tahun mensupport setiap kali Burgerkill melakukan pementasan. Dan sejak Oktober 2002 sebuah produk clothing asal Australia: INSIGHT juga mensupport dalam setiap penampilan mereka.


4. WHITE SHOES AND THE COUPLES COMPANY

white-shoes-main

Satu lagi band indie yang terkenal diluar indonesia, White Shoes & The Couples Company.

White Shoes & The Couples Company adalah sebuah band beraliran pop/funk/jazz dari Jakarta. saat ini band tersebut terikat kontrak dengan independent label dari Jakarta, Aksara Records dan label independen dari Chicago, Minty Fresh. Mereka semakin eksis di INDONESIA berkat lagu-lagunya yang bernuansa 80-an. dan juga gaya panggung mereka yang unik ketika menggunakan pakaian jadul alias 80-an.


3. MOCCA

mocca_wallpaper_by_moejojojo-d3a0lrj

Mocca adalah kelompok musik indie asal Bandung. Grup ini beranggotakan Riko Prayitno (gitar), Arina Ephipania (vokal dan flute), Achmad Pratama (bass), dan Indra Massad (drum). Lagu-lagu Mocca sendiri menggunakan bahasa Inggris dengan warna lagu pop dengan sentuhan swing jazz, twee pop, dan suasana ala 60-an.

Album mereka “My Diary” (2003) dengan label indie “FFWD”, meledak di pasaran. Lagu-lagu seperti “Secret Admirer” dan “Me and My Boyfriend” menjadi hits di mana-mana. Video klip “Me and My Boyfriend” mendapat penghargaan sebagai “best video of the year” versi MTV Penghargan Musik Indonesia 2003.

Bahkan mereka menandatangani kontrak dengan salah satu indie records di Jepang, Excellent Records, untuk mengisi satu lagu dalam album yang format rilisannya adalah kompilasi book set (3 Set) yang berjudul “Pop Renaisance”. Ada 3 disc yang diedarkan di Jepang dan Mocca berada di disc no. 2 dengan lagu “Twist Me Arround”.


2. SUPERMAN IS DEAD

superman-is-dead-5985

Superman Is Dead (disingkat SID) adalah sebuah grup musik dari Bali, bermarkas di Poppies Lane II - Kuta. Grup musik ini beranggotakan tiga pemuda asal Bali, yaitu: Bobby Kool sebagai gitaris dan vokalis, Eka Rock sebagi bassis, dan Jerinx sebagai drummer.

Pada awal mula kemunculan, sekitar akhir tahun 1995, SID terpengaruh gaya musik dari band-band asing seperti Green Day dan NOFX. Di kemudian hari, inspirasi musikal SID bergeser ke genre Punk 'n Roll à la grup musik Supersuckers, Living End dan Social Distortion.
Penggemar Superman Is Dead disebut Outsiders bagi yang laki-laki dan Lady Rose bagi yang perempuan.

Superman Is Dead yang biasanya dipanggil SID terbentuk pada tahun 1995. Awal mula terbentuknya SID (Superman Is Dead) dimotori oleh anggota band heavy metal thunder bernama Ari Astina sering dipanggil Jerinx yang ingin membentuk band baru. Dan drummer band new wave punk diamond clash Budi Sartika yg biasa dipanggil Bobby Kool yang ingin menjadi gitaris dan vokalis.

Jerinx dan Bobby bertemu di Kuta Bali. Kedua orang itu kemudian sepakat untuk membentuk sebuah band. Pada saat itu bass masih diisi oleh additional bassist bernama Ajuzt. Band mereka pada awalnya membawakan lagu-lagu dari Green Day.

Hari berganti hari datanglah personel baru yang bernama Eka Arsana panggilannya Eka Rock. Eka menjadi resmi sebagai personel SID. Dulu nama bandnya bukan Superman Is Dead tetapi Superman Is Silver Gun. Kemudian karena nama Superman Is Silver Gun kurang cocok bergantilah menjadi Superman Is Dead atau SID. Superman Is Dead mempunyai arti yaitu bahwa manusia yang sempurna hanyalah illusi belaka dan imajinasi manusia yang tidak akan pernah ada.

Sebetulnya SID sudah menelurkan banyak album, tapi baru pada saat Album Kuta Rock City Lah nama mereka langsung melejit dan mereka pun langsung digandrungi oleh anak-anak muda pada saait itu yang memang pada saat itu anak-anak muda lebih menyukai lagu-lagu punk rock. karena memang pada jaman itu lah band-band rock sedang laris manisnya di pasaran Indonesia.

Kuta Rock City dirilis secara resmi pada Maret 2003 dibawah label Sony Music Indonesia. Dengan single-single andalannya yaitu Punk Hari Ini dan Kuta Rock City yang kental dengan pengaruh Green Day dan NOFX langsung membuat nama SID disejajarkan dengan band-band rock.Selain beberapa lagu baru, SID juga menambahkan beberapa lagu lama dari album indie mereka tetapi dengan aransemen yang lebih baik dan baru. Album perdana SID ini langsung melambungkan nama SID sebagai band pendatang baru terbaik. Selain itu pula, ini merupakan langkah pertama SID di mayor label yang menimbulkan beberapa kontroversi di kalangan punk.

Album keempat yang dirilis tahun 2009 pada mayor label ini mengesankan bahwa semakin dewasanya SID. Masih seperti album sebelumnya, SID tetap mengandalkan lirik sosial dan perlawanan terhadap penindasaan. Album kali ini SID masih memainkan musik punkrock dengan sentuhan rock n’ roll.
Album SID ini menuai keberhasilan. Salah satunya adalah SID berhasil diundang keWarped Tour Festival di Amerika Serikat dan melaksanakan tour di beberapa kota di USA. Warped Tour merupakan ajang konser terbesar bagi band-band Punk Rock yang diadakan di USA. Ini merupakan keberhasilan SID karena merupakan satu-satunya band Indonesia dan band kedua di Asia yang dipanggil ke Warped Tour walaupun album mereka tidak dirilis di USA.


1. THE TIELMAN BROTHER

tielman_totally

Nah siapakah yang menduduki peringkat 1 band Indonesia yang terkenal di Dunia? Dia adalah THE TIELMAN BROTHER. Asing ya di kuping agan? Yup, THE TIELMAN BROTHER adalah Band musik lawas gan, jauh jauh sebelum The Beatles terkenal.

THE TIELMAN BROTHER adalah sebuah grup musik asal Indonesia.Mereka adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess asal Semarang Musik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong.

The Tielman Brothers adalah yang band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones.

Selain nama-nama di atas, ada beberapa nama lainnya yg pernah sukses mencicipi panggung di luar negeri seperti Santa Monica, The Brandals, Leonardo, Adhitya Sofyan, The Adams dan Hightime Rebellion. Band-band ini tidak begitu terkenal di Indonesia jika dibandingkan dengan SM*SH, CherryBelle, Karena memang kondisi Pasar musik di Indonesia saat ini adalah demam K-Pop. Namun mereka mampu berbicara banyak di luar sana.

Semoga kedepannya indonesia bisa mengapresiasi band band yang kreatif dan anti mainstream seperti disebutkan diatas biar lebih dikenal di negeri sendiri.

sumber:
uniknya.com
sekaraksa.blogspot.com
terselubung.blogspot.com
And Many More a.k.a google.com

0 Response to "Inilah 13 Band Indonesia Yang Mendunia"

Poskan Komentar