10 Jenis Aliran Atau Genre Musik Yang Ada Di Dunia

10 Jenis Aliran Atau Genre Musik Yang Ada Di Dunia
Genre Musik
Setiap  orang pasti tau dong apa yang namanya musik. Seperti kita ketahui musik itu juga memiliki aliran atau jenis yang bermacam-macam. Musik sudah dikenal sejak dahulu kala sebagai media komunikasi yang juga bisa menyatukan umat manusia juga bisa menjadi sarana media theraphy dan pengobat stress.

Berikut ini akan saya uraikan 10 jenis atau genre musik yang ada di belahan dunia:

1.POP
Sejarah musik pop bermula pada Perang Dunia I pada tahun 1918. Di Amerika Serikat, aliran musik ini mulai di gemari pada tahun 1920. Nama musik pop itu sendiri berasal dari kata populermaka tidak heran jika dari masa ke masa aliran musik ini selalu banyak peminatnya.

Tokoh yang mengenalkan istilah po itu adalah Lawrence Alloway, seorang pengamat seni rupa terinspirasi nama pop dari gerakan seni rupa di Amerika dan Inggris. Musik pop di Amerika latin musik pop mulai di kenal pada tahun 1920 juga sebagai musik pengiring dansa tango yang bertangga nada minor dan melankolis.

Antara tahun 1920 hingga 1940, Musik pop mulai menjadi salah satu musik yang di gemari di seluruh dunia dengan berbagai irama seperti Rhumba, Samba, Conga, Salsa, Mambo dan Berbagai jenis lainnya. Musik pop tidak pernah pudar dari masa ke masa karna musiknya yang easy listening. Selain itu, musiknya di tunjang oleh penggunaan berbagai inovasi teknologi dan tidak berbatas hanya pada satu aliran tertentu .

Legenda musik pop dunia di gawangi oleh The Beatles yang menyimbolkan pemberontakan terhadap kemapanan musikal. Posisi mereka berhasil mencapai jajaran tingkat atas dunia maka tak heran jika musik-musiknya abadi. The Beatles Menjadi Idola dari hampi semua Generasi

Selain The Beatles, ada juga Rolling Stones dan ABBA musisi nuansa pop yang terkenal di jamannya. Di tahun 1960-an The Beatles dengan beberapa seniman pop lainnya seperti Frankie Avalon, Bob Dylan, Marvin Gaye, Sonny dan Cher, Aretha Franklin menciptakan sejarah musik pop yang easy listening dengan mencampur berbagai elemen.

Contoh Artis : Michael Jackson, Madonna, Mariah Carey, Justin Bieber, Taylor Swift, John Legend, Katy Perry, dll

Sub Genre POP : Adult Contemporary, Britpop, Bubblegum Pop, Chamber Pop, Dance Pop, Dream Pop, Electro Pop, OrchestralPop/Rock, Power Pop, Soft Rock, Synthpop, Teen Pop


2.ROCK
Musik rok (bahasa Inggris: rock) adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun '50-an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun '40 dan '50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rok juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.

Bunyi khas dari musik rok sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak '70-an, synthesizer. Di samping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rok "mempunyai tiga chords, backbeat yang konsisten dan mencolok dan melodi yang menarik".

Pada akhir tahun '60-an dan awal '70-an, musik rok berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di Amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun '70-an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin. Juga pada tahun '70-an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (subkategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Subkategori rock yang mencuat pada tahun '80-an termasuk New Wave, hardcore punk, dan alternative rock. Pada tahun '90-an terdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metal.

Sebuah kelompok pemusik yang mengkhususkan diri memainkan musik rok dijuluki rock band atau rock group (grup musik rok). Rock group banyak yang terdiri dari pemain gitar, penyanyi utama (lead singer), pemain gitar bass, dan drummer (pemain drum), membentuk sebuah quartet. Beberapa group menanggalkan satu atau dua posisi di atas dan/atau menggunakan pennyanyi utama sebagai pemain alat musik di samping menyanyi, membentuk duo atau trio. Grup lainnya memiliki pemusik tambahan seperti dua rhythm gitar dan atau seorang keyboardist (pemain kibor). Agak lebih jarang, penggunaan alat musik bersenar seperti biola, cello, atau alat tiup seperti saksofon, trompet, atau trombon.

Contoh Artis : Black Sabbath, AC/DC, Led Zeppelin, Deep Purple, The Rolling Stones 
Scorpions, Iron Maiden, Guns N Roses, Skidrow, Metallica dll

Sub Rock : Acid Rock, Adult-Oriented Rock, Alternative Rock, American Trad Rock, Anatolian Rock, Arena Rock, Art Rock, Blues-Rock, Hard Rock

3.BLUES
Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Masyarakat Afrika-Amerika di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari lagu rohani , lagu kerja , hollers lapangan , teriakan, dan narasi sederhana berirama balada . The blues di mana-mana... dalam bentuk jazz , R&B , dan rock n roll dicirikan oleh kord progresif tertentu dengan dua belas bar akord miring progresi yang paling umum dengan nada miring, mencatat bahwa untuk tujuan ekspresif yang dinyanyikan atau dimainkan secara bertahap rata atau menekuk (minor 3 untuk 3 major) sehubungan dengan lapangan dari major scale.

Genre blues didasarkan pada bentuk blues tetapi memiliki karakteristik lain seperti lirik tertentu, garis bass dan instrumen. Blues dapat dibagi menjadi beberapa subgenre mulai dari negara untuk blues perkotaan yang lebih atau kurang populer selama periode yang berbeda dari abad ke-20. Paling dikenal adalah Delta , Piedmont , dan gaya blues Chicago.

Contoh Artis / Band : BB King, John Lee Hooker, Muddy Waters, Chuck Berry dll

Sub genre: Acoustic Blues, Chicago Blues, Classic Blues, Contemporary Blues, Country Blues, Delta Blues, Electric Blues

4.JAZZ
Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik tradisional Afrika dan Eropa. Proses kelahirannya telah memperlihatkan bahwa musik jazz sangat berhubungan dengan pertahanan hidup dan ekspresi kehidupan manusia. Yang menarik adalah bahwa asal kata “jazz” berasal dari sebuah istilah vulgar yang digunakan untuk aksi seksual. Sebagian irama dalam musik jazz pernah diasosiasikan dengan rumah-rumah bordil dan perempuan-perempuan dengan reputasi yang kurang baik

Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Contoh Artis : Louis Armstrong, Buddy Bolden, Charlie Parker, Duke Ellington
Chick Corea, Ermy Kullit, Ireng Maulana, Syaharani dll

Sub genre: Acid Jazz, Avant-Garde Jazz, Bebop, Big Band, Blue Note, Contemporary Jazz, CoolCrossover Jazz, Dixieland, Ethiojazz, Fusion, Gypsy Jazz, Hard Bop, Latin Jazz, Mainstream Jazz, Ragtime, Smooth Jazz, Trad Jazz

5.METAL
Metal, musik yang mulai banyak di minati orang saat ini. metal yang memiliki banyak sub-genre ternyata di mulai oleh genre heavy metal dan di sinilah mulai terbentuknya genre METAL dan beberapa sub-genre setelah berselang nya waktu.

Evolusi musik

pada tah un 70'an Heavy Metal awal digawangi oleh band-band seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple, Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni. Pada akhir 70'an munculah New Wave oF British Heavy Metal yang dipelopori Motorhead, NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal. Band-band NWOBHM lainya adalah Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head, dll.

 Awal era 80'an Di gawangi oleh band-band NWOBAM seperti Motorhead, Iron Maiden, Venom dan Diamond Head. Heavy Metal akhirnya bertabrakan dengen musik Pop hal ini memunculkan genre yang disebut Glam Metal, Glam Metal berhasil menerobos chart-chart papan atas, hal ini menyebabkan Heavy Metal lebih tersebar cepat di seluruh dunia

Contoh Artis :Metallica, Pantera, Tool, White Zombie, Megadeth ,Opeth, Pestilence, Death, Novembre, Dream Theater, Queensryche, dan Fates Warning

Sub genre: Nu metal, Glam metal, Death metal, Doom metal, Black metal, Thrash metal, Heavy metal, Folk metal, Power metal

6.PUNK
PUNK adalah salah satu aliran atau genre musik yang konon katanya berasal dari negri inggris. Jenisnya termasuk dalam kategori musik underground, artinya, hadir bukan untuk kepentingan industrialias di perjual belikan secara luas-komesil-di pasaran. Punk sejatinya adalah jenis musik yang sangat idealis, begitupun para penganutnya. Mereka tidak semata-mata menuangkan tingkat musikalitas mereka dalam bentuk lagu, yang kemudian direkam oleh salah satu industri rekaman, lalu dijual di pasaran. Melainkan, sebagai sarana untuk menyampaikan kritik atau fenomena social-politik tertentu, penyimpangan kekuasaan pemerintahan dan kesewenangan para pengambil kebijakan. Karena itulah, punk dalam perjalanannya selalu sikonotasikan sebagai “musuh” para aparat penjaga “keamanan” Negara

Punkers, sebutan para penganut aliran punk, sering dianggap sebagai tukang kritik melalui lirik-liriknya, dan tukang “rusuh” melalui aksi agaliterian dari para penganutnya-meskipun itu belum tentu benar.

Dalam perjalanannya, punk kemudian menjelma menjadi salah satu aliran musik yang kian komersil. Belakangan tidak sedikit band punk yang kemudian memilih untuk membisniskan aliran musik punk itu sendiri.

Contoh Artis : Green day, Blink 182, SID, dll

Sub genre: Punk Rock, Street Punk, SkinHead

7.REGGAE
Reggae adalah suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Sekalipun kerap digunakan secara luas untuk menyebut hampir segala jenis musik Jamaika, istilah reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady.

Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off-beat atau sinkopasi, yang disebut sebagai skank. Pada umumnya reggae memiliki tempo lebih lambat daripada ska maupun rocksteady. Biasanya dalam reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar, dengan gitar rhythm juga memberi penekanan pada ketukan ketiga; atau menahan kord pada ketukan kedua sampai ketukan keempat dimainkan. Utamanya "ketukan ketiga" tersebut, selain tempo dan permainan bassnya yang kompleks yang membedakan reggae dari rocksteady, meskipun rocksteady memadukan pembaruan-pembaruan tersebut secara terpisah.

Contoh Artis : Bob Marley, S.O.J.A, Chaka Demus, Snoop Lion, Lutan Fyah, Buju Banton, Imanez, Tony Q Rastafara, Gangstarasta, Steven & Coconut Treez dll

Sub genre: Dancehall, Dub, Roots Reggae, Ska

8.HIP HOP
Hip-Hop atau Rap Music adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970’an yang dikembangkan oleh masyarakat Afro - Amerika dan Latin - Amerika. Hip Hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen - elemen yang terdiri dari MCing (lebih dikenal rapping), DJing, Breakdance, dan Graffiti. Belakangan ini elemen Hip Hop juga diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya.

Awalnya pertumbuhan Hip Hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Awalnya musik Hip Hop hanya diisi dengan musik dari Disk Jockey dengan membuat fariasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. "Rapping" kemudian hadir untuk mengisi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan untuk koreografinya, musik tersebut kemudian diisi dengan tarian patah-patah yang dikenal dengan breakdance. Pada perkembangannya Hip Hop juga dianggap sebagai bagian dari seni dan untuk mengekspresikan seni visual muncullah Graffiti sebagai bagaian dari budaya Hip Hop.

Contoh Artis : Beasty Boyz, Snoop Dogg, Eminem, OutKast, Salt N Pepa, Naughty By Nature dll

Sub genre: Alternative Rap, Bounce, Dirty South, East Coast Rap, Gangsta Rap, Hardcore Rap, Latin Rap, Old School Rap, Turntablism,Underground Rap,West Coast Rap

9.R&B
Rhythm and Blues, sering disingkat sebagai R & B atau RnB, adalah genre Afrika - Amerika musik populer yang berasal dari tahun 1940-an. Istilah ini awalnya digunakan oleh perusahaan rekaman untuk dipasarkan terutama di Afrika Amerika perkotaan. Ciri khas R & B tahun 1950-an hingga 1970-an adalah band biasanya terdiri dari piano, satu atau dua gitar , vokalis bass, drum, saxophone, dan kadang-kadang latar belakang. R & B berisikan lagu tentang kehidupan Afrika - Amerika, kebebasan, ekonomi, aspirasi, dan seks.

Contoh Artis : Luther Vandross, Kenny Rogers, Teddy Pendergrass, Heatwave, Lionel Richie, Boyz II Men, TLC dll

Sub genre: Contemporary R&B, Disco (not a top level genre Sheldon Reynolds), Doo Wop, Funk, Modern Soul, Motown, Neo-Soul, Northern Soul, Psychedelic Soul, Quiet Storm, Soul, Soul Blues, Southern Soul

10.INSTRUMENTAL
Instrumental, kontras dengan lagu, adalah suatu komposisi atau rekaman musik tanpa lirik atau musik vokal dalam bentuk apapun; semua musik dihasilkan melalui alat musik. Secara spesifik, istilah ini digunakan jika merujuk pada musik populer; beberapa genre musik menggunakan sedikit unsur suara manusia, seperti jazz, musik elektronika, dan sejumlah besar musik klasik Eropa (walaupun pada musik elektronika, suara dapat dicuplik seperti jenis-jenis bunyi lainnya). Pada musik komersial, beberapa lagu pada suatu album mungkin berupa instrumental yang merupakan salinan sama persis dari lagu lain pada album tersebut, tanpa adanya unsur vokal.

Contoh Artis : Mono, Mogwa, Kenny G, Yanni, Pelican dll

Jenis alat musik: March (Marching Band), Gamelan, Sungha Jung, Solo Guitar.

dikutip dari berbagai sumber terutama www.kaskus.co.id

Jadi aliranmusik mana yang kalian sukai? Kenapa sub genrenya ga dijelasin? Karena kalo jelasin sub genrenya ga akan ada habisnya gan, mungkin lain waktu bisa saya jabarkan lagi, Jika ada pendapat lain tentang genre diatas atau ada tambahan silahkan berkomentar dibawah.







0 Response to "10 Jenis Aliran Atau Genre Musik Yang Ada Di Dunia"

Poskan Komentar